Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Imam Ahmad Bin Hambal


Nasab Beliau
Imam Ahmad adalah Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdillah bin Hayyan bin Abdillah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin Auf qosith bin Makhozin bin Syaiban bin dzuhil bin Tsaklabah bin Ukabah bin Shoob bin Ali bin Bakrin bin Wail bin Qosith bin Hanab bin Aksho bin Du’mi bin Judailah bin Asad bin Robi’ah bin Nazar bin Mu’din bin Adnan Udban bin Al Humasa’ bin Haml bin An nabat bin Qaidzar bin Isma’il bin Ibrahim Al kholiliy Alaihissalam, Asy Syaibani Almarwazi, orang yang singgah di Bagdad, Abu Abdullah, salah satu imam yang hafidz, faqih, mujahid, sebagai hujjah yang sangat zuhud, wara’, dan dialah pimpinan Tabaqah yang kesepuluh.
Kelahirannya
Imam Ahmad dilahirkan pada bulan rabi’ul awwal, tahun 164 H, seorang anaknya yaitu sholeh pernah menceritakan dan juga yg pernah diceritakan oleh Abdullah, dia berkata: Aku telah mendengar ayahku berkata: Aku lahir pada bulan rabi’ul awwal tahun 164 H. Dan para perawi hadist tidak pernah berselisih tentang hal ini sebagaimana perselisihan yang terjadi pada Imam Malik dan imam Abu Hanifah.
Beliau dilahirkan di Bagdad, beliau seorang Arab tulen dari ayah ibu yang berketurunan Syaibani.
Pendidikan Beliau
Imam Ahmad tumbuh besar di Bagdad, dari sana beliau mendapatkan pendidikan pertama. Beliau dididik oleh keluarganya sebagai seorang yang berilmu, di kelilingi oleh ilmu dan dibekali pula ilmu bahasa Arab, hadist dan Alqur’an, atsar-atsar para sahabat dan tabi’in, beliau juga mempelajari tentang keadaan dan siroh nabawi sehingga beliau benar-benar menjadi seorang yang sangat bertaqwa dan beragama dan seorang Syeikh yang berjihad dijalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad.
Suasana Kehidupan Imam Ahmad
Beliau hidup sangat faqir dan sangat terbatas yang tidak mewah, yang tidak memiliki harta yang melimpah, beliau tidak mengambil upah dari pekerjaannya kecuali kalau memang benar keadaannya darurat yang tidak bisa mencukupi keluargannya.
Sifat-Sifat Imam Ahmad
  1. Kepribadian yang kuat, sebagaimana halnya para ahli hadist yang lainnya. Yang juga sangat kuat hafalannya, sehingga suatu ketika dikatakan kepada Abu Zur’ah: siapa yang engkau lihat paling kuat hafalannya: beliau menjawab: Ahmad bin Hambal .
  2. Kesabaran dan kesungguhan, tekad yang kuat yang semua itu merupakan pondasi kesuksesan.
  3. Kebersihan jiwa, dan sangat menjaga diri dari meminta-minta. Dan sangat menjaga kesuciannya.
  4. Keikhlasan dalam mencari kebenaran.
  5. Kemuliaan dan terhormatnya beliu.
Perjalanan Beliau Menuntut Ilmu
Imam Ahmad mulai menuntut ilmu hadist dari Bagdad, beliau mencatat semua yang ia dengar. Beliau tinggal seperti itu pada tahun 179-186 H. kemudian beliau melanjutkan perjalannnya mencari hadist ke Bashrah kemudian ke Hijaz dan Yaman dan yang lainya.
Ketika beliau pergi ke Hijaz, beliau bertemu dan menuntut ilmu kepada Imam Syafi’I. Beliau mempelajari hadist yang diriwayatkan dari Sufyan bin Uyainah, dan juga beliau mempelajari fiqh Asy Syafi’i dan juga ushul-ushulnya.
Muhadhoroh Dan Fatwa-Fatwa Beliau
Beliau memiliki dua majlis ilmu, yang pertama majlis yang dihadiri oleh para penuntut ilmu dan para orang-orang awam. Yang hadir sejumlah 5000 orang. Yang kedua yaitu dirumahnya bersama para murid-murid beserta anak-anaknya.
Sumber
Ahmad bin Hambal, Imam Ahlussunnah wal Jama’ah, oleh Asy Syeikh Kamil Muhammad Muhammad Uwaidhoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar