Jumat, 30 Maret 2012

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-'Asqolani


Syaikhul Islam Ahmad ibnu 'Ali ibnu Hajar Al-'Asqolani adalah seorang yang membawa bendera sunnah, pemimpin umat manusia. Ayah beliau adalah seorang yang cerdas dalam bidang fiqih, bahasa arab, qira’ah dan adab. Beliau memiliki kecerdasan, akhlaq mulia dan ketaatan dalam beragama. Beliau pernah menggantikan sebagai Qodli dalam persidangan, menulis dan beliau juga telah diizinkan untuk berfatwa dan mengajar.
Ahmad ibnu 'Ali ibnu Hajar Al-Asqalani lahir pada tanggal 12 Sya’ban 773 H di Mesir. Ia tumbuh besar di sana sejak ibunya meninggal. Kemudian ayah beliau mendidikinya dengan tujuan untuk menjaga kebersihan dirinya dari perbuatan keji. Dan ayah beliau tidak memasukkannya ke sekolah kecuali setelah beliau berusia 5 tahun. Maka beliau pun telah hafal Al-Qur’an ketika berusia 9 tahun dan hafal kitab al-‘umdah, kitab Al-Hawi Ash-Shogir, Ringkasan Ibnu al-Hajib Al-Asli, Milhatul A’rab dan lain-lain.
Dan yang pertama kali beliau kerjakan pada masa kecilnya adalah membahas kitab al-'umdah bersama Al-Jamal ibnu Dzahir di Makkah. Kemudian beliau belajar fiqih, bahasa arab dan matematika kepada al-'Allamah Asy-Syams ibnu al-Qatthan dan membacakan kepadanya Al-Hawi. Beliau juga belajar secara khusus kepada gurunya ibnu Al-Mulqin dan beliau juga membacakan kepadanya sebagian besar dari apa yang telah diterangakan oleh gurunya tersebut dari kitab Al-Manhaj. Dan beliau duduk belajar bersama al-'Iz ibnu Jama’ah, berbagai bidang ilmu yang telah beliau baca dari tahun 790 H hingga beliau wafat pada tahun 819 H.
Allah Ta’ala menjadikannya cinta pada ilmu hadits nabawi, dan beliau mulai mempelajarinya pada tahun 793 H, akan tetapi beliau belum menekuninya kecuali pada tahun 796 H, dan beliau pun mengambil ilmu hadits dari para masyayikh pada zaman itu.
Beliau juga telah belajar kepada Az-zain Al-‘Iraqi selama 10 tahun, Dan telah membuahkan hasil dari mulazamahnya. serta telah membaca atasnya banyak dari karya-karyanya dan atas selainnya. Dan Beliau telah rihlah ke negara-negara Syam dan Hijaz, banyak sekali yang telah beliau dengar juga banyak pula masyayikhnya. Dan para syaikhnya telah mengizinkannya untuk berfatwa dan mengajar. beliau terinspirasi untuk menyebarkan hadits, melakukan penelitian, menelaah dan menulis.
Dan karya-karya beliau telah bertambah, sebagian besarnya di dalam cabang-cabang hadits yang mencapai 150 karya tulis, dengan sebab ini pula beliau telah mendapat karunia berupa bantuan dan diterimanya karya-karya beliau khususnya kitab Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhori suatu yang sangat menakjubkan. para guru, sahabat karib, dan bahkan dari selainnya mereka semua banyak yang mengambil manfaat dari karya-karya beliau. Dan para pembesar telah menulisnya hingga tersebarlah pada masa hidupnya.
Beliau bercita-cita untuk tidak dimasukkan dalam kehakiman yang mana As-sodrol Manawi menawarkan kepada beliau untuk menggantikan dirinya, namun beliau menolaknya. Kemudian pemerintah pada zaman itu pun memberinya tugas dalam permasalahan yang khusus saja. Lalu al-qodli Jalaluddin al-Balqini mendesak beliau untuk menggantikannya sebagai qodli. Dan kemudian beliau menolongnaya, membimbingnya dalam kehakiman dan dalam pemutusan khusus persidangan besar, maka beliau pun setuju dengan hal itu pada hari Sabtu 12 Muharrom tahun 827 H pada hari-hari yang mulia. penyesalan beliau bertambah-tambah atas diterimanya beliau dalam kehakiman tersebut. karena seorang qadli akan butuh kepada kelompok yang kecil dan besar, yang mana tidak memungkinkan beliau untuk menegakkan keadilan pada setiap yang dilihatnya.
Dinukil dari Kitab “Bulughul Maram min Adillatil Ahkam” karya Al-Hafidz ibnu Hajar Al-'Asqolani, Dan telah di tahqiq oleh Muhammad Hamid Al-Faqi ulama Al-Azhar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar