Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Imam Bukhari


Nasab Dan Kelahiran Beliau
Nama Beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah Bin Bardizbah al-Ju’fi al-Bukhari. Beliau lahir pada hari jumat setelah sholat pada tanggal 13 dari bulan syawwal tahun 194 hijriyah. di Bukharo kota terkenal di Negara Uzbekistan, maka beliau orang bukharo asli Persia, adapun penamaan beliau dengan al-Ju’fi adalah penisbatan loyalitasnya kepada agama Islam, karena kakeknya yang paling tua bernama al-Mugirah masuk ke dalam agama Islam karena sebab tangannya al-Yaman al-Ju’fi merupakan pelindung bagi kakeknya dengan loyalnya kepada agama Islam.
Pertumbuhan Dan Pencariannya Kepada Ilmu
Beliau tumbuh dengan harta yang baik dan halal, di mana Bapak Beliau Ismail seorang ahli hadits berkata ketika wafatnya: (aku tidak mengetahui di semua hartaku satu dirham pun dari hal-hal yang syubhat atau samar-samar).
Beliau pertama kali mendengar dan mempelajari hadits pada tahun 205 hijriyah, dan beliau mulai belajar hadits dari para ahli hadits yang ada di Negara beliau.Beliau melakukan musafir pertama kali pada tahun 210 hijriyah, dalam rangka menunaikan ibadah haji bersama saudara dan ibu beliau, maka beliau menetap di Makkah dalam rangka mencari ilmu hadits, kemudian beliau juga melakukan musafir ke seluruh ahli hadits yang ada di kota-kota tersebut, di antaranya adalah: Syam, Mesir, kota-kota di Irak, dan beliau juga sering mendatangi kota Bagdad. Beliau menulis sendiri 1080 hadits, dan dikatakan kepada beliau: “apakah engkau menghafal semua hadits yang engkau masukkan ke dalam karanganmu? kemudian beliau berkata: tidaklah tersembunyi atasku apa-apa yang ada di dalamnya”. Dan beliau juga berkata: “aku menghafal 100 ribu hadits shohih dan 200 ribu hadits yang tidak shohih”. Dan dari beliau juga dalam suatu riwayat: “dan tidaklah sedikit nama-nama orang yang ada di dalam sejarah melainkan aku mengetahui kisah-kisah mereka”.
Kepribadian Beliau
Beliau memiliki badan yang kurus, tidak terlalu panjang dan tidak juga terlalu pendek, beliau juga memiliki jiwa yang baik, perasaan yang lembut, sedikit makan, mulia, banyak berbuat baik kepada para murid-muridnya, dan jiwa beliau juga dipenuhi dengan semangat, keikhlasan, dan cinta akan beramal, bersamaan dengan itu beliau adalah orang yang sangat zuhud dan wara’. Dan beliau juga biasa berolah raga, beliau sangat pandai dalam olah raga memanah dan beliau mahir dalam hal tersebut.1
Guru-Guru Beliau
Guru-guru beliau banyak sekali jumlahnya. Di antara mereka yang sangat terkenal adalah Abu ‘Ashim an-Nabiil, al Anshari, Makki bin Ibrahim, Ubaidillah bin Musa, Abu al Muqirah, ‘Abdan bin Utsman, ‘Ali bin al Hasan bin Syaqiq, Shadaqah bin al Fadhl, Abdurrahman bin Hammad Asy-Syu’aisi, Muhammad bin ‘Ar’arah, Hajjaj bin Minhaaj, Badal bin al Muhabbir, Abdullah bin Raja’, Khalid bin Makhlad, Thalq bin Ghanaam, Abdurrahman al Muqri’, Khallad bin Yahya, Abdul ‘Azizi al Uwaisi, Abu al Yaman, ‘Ali bin al Madini, Ishaq bin Rahawaih, Nu’aim bin Hammad, Al Imam Ahmad bin Hambal, dan sederet imam dan ulama ahlul hadits lainnya.2
Wafat Beliau
Beliau wafat pada malam sabtu yang bertepatan dengan malam ‘idul fitri, dan beliau dikebumikan pada hari ‘id setelah sholat dhuhur, pada tahun 256 hijriyah. Di Khartank nama sebuah desa di Samarkand, semoga Allah ta’ala mencurahkan rahmat-Nya kepada al Imam Al Bukhari.
1 Shahih al Bukhari karya Al Imam Al Bukhari

2 Majalah Assalam no. VI/tahun II-2006M/1427H dinukil dari kitab: Siyar A’laam An Nubala’karya Al Imam Adz-Dzahabi dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar