Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Imam Malik Bin Anas


Biografi Imam Malik Bin Anas
Kelahiran dan Nasabnya:
Para ulama’ berbeda pendapat dalam menentukan kelahiran beliau, ada yang mengatakan beliau dilahirkan pada tahun 90 hijriah ada juga yang mengatakan tahun 93, 94, 95, 98. Akan tetapi yang paling kuat di antara semua pendapat tersebut dan yang paling masyhur adalah beliau dilahirkan pada tahun 93 hijriah.
Dan di sebutkan di dalam kitab-kitab sejarah bahwasanya beliau berada di dalam kandungan ibunya selama tiga tahun ada juga yang mengatakan selama dua tahun akan tetapi yang masyhur di kalangan ahli sejarah beliau berada di dalam kandungan selama tiga tahun, akan tetapi berkata Syeikh Kamil Muhamad bin Muhamad uwaidoh: bahwasanya ibunda beliau mengandungnya sebagaimana kebanyakan kaum wanita mengandung anaknya yaitu kurang lebih 9 bulan 10 hari.
Adapun nasabnya: Beliau adalah al-Imam Abu Abdillah Malik bin Anas bin Malik bin Abu Amir al-Ashbahi al-Yamani imam darul hijrah. Ibu beliau adalah Aliyah bintu Syarik al-Azdiyyah.
Sifat - Sifatnya:
Cerdas, sabar, ikhlas, Berpostur tubuh tinggi, mempunyai jenggot yang sangat putih dan lebat hingga mencapai dada, mata yang indah, berwajah tampan, selalu berpakaian bersih.
Syaikhnya :
Diantara guru-guru tempat beliau menimba ilmu ialah: Amir bin Abdillah bin Zubair, Nuaim bin Abdillah bin al-Mujmir, Zaid bin Aslam, Nafi’ maula ibnu Umar, Humaid at-Towill, Sa’id al-Makbari, Abi Hazim Salamah bin Dinar, Syuraik bin Abdullah bin an-Namir, Solih bin Kaisan dan masih banyak lagi yang lainnya.
Muridnya :
Diantara nama-nama murid beliau adalah sebagai berikut: az-Zuhri, Yahya bin Said al-Ansory, Yazid bin Abdillah bin al-Hadi, al-Auza’i, as-Atsauri, Warko’ bin Umar, Syu’bah bin al-Hajaj, Ibnu Juraij, Syaf’i, Ibnu Mubarok, Ibnu Wahab, Ibnu Qosim, Rauh bin Ubadah, dan yang lainya...
Karangannya :
Diantara tulisan-tulisan beliau adalah: al-Muwaththa' yang dikatakan oleh al-Imam asy-Syafi'i : Tidak ada kitab dalam masalah ilmu yang lebih banyak benarnya dibandingkan dengan Muwath-tha' Malik, Risalah fil Qadar yang dikirimkan kepada Abdullah bin Wahb, an-Nujum wa Manazilul Qa-mar yang diriwayatkan oleh Sahn-un dari Nafi'dari beliau, Risalah fil Aqdhiyah, Juz dalam Tafsir, Kitabus Sir, Risalah ila Laits fi ljma' Ahlil Ma-dinah, an-Nuzum wa manazil al_Qomar dan yang lainya.1
Pujian Para ‘Ulama :
Berkata Ahmad bin Syu’aib an-Nasa’i: pengemban amanah Allah atas ilmu Rasulullah Shallalahu‘alaihi wa sallam adalah Syu’bah bin al-Hajaj, malik bin Anas, dan Yahya bin Sa’id al-Qotton.
Berkata imam Bukhory bahwasanya Imam Malik bin Anas adalah seorang Imam.
Berkata abu Daud Ishak as-Sajastani: “semoga Allaoh merahmati malik karena dia adalah seorang imam, semoga Allaoh merahmati Syafi’i karena dia adalah seorang imam, semoga Allah merahmati abu hanifah karena dia adalah seorang imam.” Dan masih banyak lagi pujian para ulama’ kepada imam Malik.
Wafatnya:
diriwayatkan bahwasanya beliau wafat pada tanggal 14 bulan Robi’ al-Awal tahun 179 pada saat kehilafahan Harun ar-Rasyid dan pada saat itu juga Harun ikut menyalati beliau dan pada saat itu beliau berumur 85 tahun.
Sumber :
Dinukil dari kitab malik bin anas imam darul hijrah yang dikarang oleh Syeikh Kamil Muhammad bin Muhammad bin Uwaidah. Dan siyar A’lam Nubala oleh adz-Dzahabi.
1 Siyar A'lam Nubala oleh adz-Dzahabi 8/88

Tidak ada komentar:

Posting Komentar