Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Imam Nasa'i


Nama, Nasab, Dan Kelahiran Beliau
Nama beliau adalah Abu 'Abdurrahman Ahmad bin Syu'aib bin 'Ali bin Sinan bin Bahr bin Dinar al-khurasany an-Nasa'i. Beliau dilahirkan pada tahun 215 H di Nasa yaitu sebuah wilayah yang terletak di Khurasan.
Perjalanan Beliau Dalam Menuntut Ilmu
Beliau memulai perjalanannya dalam menuntut ilmu ke Naisabur, kemudian berguru kepada Ishaq bin Rahawaih, Abu al-Husain bin Manshur, Muhammad bin Rafi' dan sahabat-sahabat mereka. Kemudian pergi ke Baghdad dan berguru kepada Qutaibah bin Sa'id selama satu tahun lebih dua bulan pada tahun 235 H. Lalu melanjutkan perjalanan ke kota Moro dan berguru pada 'Ali bin Hajar dan selainnya. Setelah itu, menuju Iraq dan belajar pada Abu Kuraib dan sahabat-sahabatnya. Kemudian menuju Syam dan belajar pada para ulama' yang ada di sana. Kemudian menuju Mesir untuk belajar pada para ulama' yang ada di sana sehingga menjadi seorang ulama.
Guru-Guru Beliau
Beliau telah meriwayatkan dalam kitab sunannya dari 334 syaikh dan di kitabnya yang lain dari 114 syaikh selain yang disebutkan dalam kitab Sunan Nasa-i. Sehingga secara keseluruhan beliau telah meriwayatkan dari 448 syaikh. Adapun diantara guru-gurunya tersebut adalah sebagai berikut: Qutaibah bin Sa'id, Ibnu Rahawaih, 'Ali bin Hujr, Hisyam bin 'Ammar, Abu Dawud as-Sijistani, Imaam Ahmad bin Hambal, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Murid-Murid Beliau
Banyak para ulama' yang telah belajar darinya, antara lain: Abul Qasim ath-Thabrani, Abu Ja'far ath-Thahawi, al-Hafidz Abu 'Awanah, Abu Ja'far al-'Aqili, Abu 'Ali bin Harun, Abu 'Ali an-Naisaburi, Abu Sa'id bin Yunus, Abu Hatim Muhammad bin Hibban al-Busti, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tulisan-Tulisan Beliau
Beliau memiliki banyak karya tulis yang bermanfaat, antara lain : as-Sunan al-Kubra dan as-Sughra, Khasha-ishu 'Ali wa Musnad 'Ali, Musnad Malik, Amalu Yaumin wa Lailatin, Asma' ar-Ruwati wa at-Tamyiz Bainahum wa adh-Dhu'afa' wa al-Matrukin, al-Ukhuwah, Fadha-il ash-Shahabah, Manasik al-Hajj, dan lain-lain.
Pujian Para Ulama Kepada Beliau
Ibnu Katsir berkata dalam kitab tarikhnya : “Telah nampak dari karya tulis Imam Nasa-i tentang hafalan, daya ingat, kejujuran, keimanan, dan kedalaman ilmunya”.
Al-Hafidz Abu Ya'la al-Khalili berkata : “Para huffadz ridho kepadanya, mereka pun sepakat akan kuatnya ingatan dan hafalannya, dan perkataannya dalam Al-Jarhu (celaan) dan Ta'dil (rekomendasi) dijadikan sandaran”.
Ad-Daruquthni berkata : “Abu Abdurrahman tokoh bagi para pakar ahli hadits pada masanya”.
Ibnu 'Adi berkata : “Aku telah mendengar Manshur al-Faqih dan Abu Ja'far ath-Thahawi berkata : Abu Abdurrahman termasuk imam diantara imam-imam kaum muslimin”.
Qasim al-Mutharraz berkata : “Beliau adalah imam atau berhak untuk menjadi imam”.
Wafat Beliau
Menjelang akhir hayatnya, beliau keluar dari Mesir menuju Damaskus. Ketika di sana beliau ditanya tentang Mu'awiyah, beliau menjawab dengan jawaban yang tidak sesuai dengan kehendak mereka. Mereka pun menganiaya, memukuli dan mengeluarkan beliau dari masjid. Kemudian beliau dibawah ke Makkah dan meninggal di sana pada bulan sya'ban 303 H.
Sumber
  1. Imam Nasa-i.1999. Sunan nasa-i. Riyadh: Darussalam
  2. Jalaluddin as-Suyuti. 1994. Sunan an-Nasa-i bi syarhi al-hafidz Jalaluddin as-Suyuti. Beirut: Darul Ma'rifah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar