Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Singkat Imam Ibnu Majah


Nama Beliau adalah: Abu Abdullah Muhammad Bin Yazid Bin Majah Ar-Rabi’ Al-Qazwiniy seorang hafidzh terkenal, pengarang kitab “As-Sunan”.
Beliau dinisbatkan kepada golongan Rabi’ah dan bertempat tinggal di Qazwain, suatu kota di Irak bagian Persia yang sangat terkenal banyak mengeluarkan Ulama.
Beliau meriwayatkan hadits dari beberapa Ulama Irak, Bashrah, Kufah, Baghdad, Makkah, Syam, Mesir dan Ray. Beliau mengadakan lawatan ke kota-kota tersebut untuk mengumpulkan hadits.
Diantara para gurunya adalah: Sahabat-sahabat Laits. Sedangkan hadits-hadits beliau diriwayatkan oleh segolongan Ulama diantaranya adalah: Abul Hasan Al-Qoththan. Diantara hasil karyanya selain As-Sunan adalah Sebuah kitab Tafsir dan sebuah kitab Sejarah. Sedangkan kitab sunan beliau adalah salah satu sunan yang empat yakni: (Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmizi, Sunan Nasa’i dan Sunan Ibnu Majah sendiri), dan salah satu induk dari yang enam yakni: (Sunan yang empat ditambah lagi dengan Shahih Bukhori dan Shahih Muslim). Adapun Ulama yang memasukkan Imam Ibnu Majah kedalam kitab-kitab pokok adalah: Ibnu Thahir dalam kitabnya Al- Athraf, kemudian Al-Hafidzh Abdul Ghani.
Para Ulama Muta’akhirin sependapat menetapkan bahwa kitab pokok yang lima adalah:
1.Shahih Al-Bukhari
2. Shahih Muslim
3. Sunan Abu Daud
4. Sunan An-Nasa’i
5. Sunan At-tirmizi
Kitab yang lima tersebut dinamai dengan kitab Ushulul-Khamsah atau Kutubul-Khamsah.
Kemudian Ulama Muta’akhirin memasukkan sebuah kitab pokok lagi, sehingga terkenal dalam Masyarakat dengan nama kitab Al-Kutubus-Sittah. Ia adalah Sunan Ibnu Majah, menjadi kitab pokok yang ke Enam.
Adapun hadits-hadits yang terdapat dalam kitab Sunan Ibnu Majah ada 4341(Empat Ribu Empat Ratus Satu) hadits, yang terdiri dari muqaddimah 37(Tiga Puluh Tujuh) kitab dan 1502(Seribu Lima Ratus Dua) Bab.
Dengan perincian sebagai berikut:
  1. Diriwayatkan dalam Kutubul Khamsah Shahih 3002 hadits
  2. Isnad Haditsnya Shahih 428 hadits
  3. Isnad Haditsnya Hasan 119 hadits
  4. Isnad Haditsnya Dhaif 613 hadits
  5. Isnadnya sangat lemah sekali Mungkar 99 hadits
Menurut Ibnu Katsir bahwa sunan Ibnu Majah adalah suatu kitab yang banyak faedahnya dan baik susunan bab-babnya dalam bidang Fiqh.
Beliau dilahirkan pada tahun 209 H. dan wafat pada bulan Ramadhan tahun 273H.
Dalam jenazahnya dishalatkan oleh Saudaranya yang bernama Abu Bakr, Sedangkan dalam pemakamannya dilakukan oleh dua orang Saudaranya yang bernama: Abu Bakr dan Abdullah, serta Putranya sendiri yang bernama Abdullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar