Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Imam Syafi’i


Kelahiran dan Nasabnya
Imam Syafi’i mempunyai nasab yang tinggi beliau adalah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi’I bin Saib bin Ubaid bin Abdu yazid bin Hasyim bin Mutollib bin Abdu Manaf bin Kusay bin Kalaab Al-Kuraiysi Al-Mutolib As-syafi’i Al-Makki.
Imam Syafi’i dilahirkan di Qozzah, dan dikatakan beliau lahir di Askolan dan ada juga yang mengatakan di yaman pada tahun 150 M, dan beliau lahir ketika wafatnya Imam Abu Hanifah. bapak beliau meninggal ketika beliau masih kecil, maka ibunya membawanya pergi ke Makah pada saat itu beliau berumur dua tahun dengan harapan nasab beliau tidak hilang. Dan beliau tumbuh dewasa disana dan beliau menghafal al-quraan saat berumur tujuh tahun dan beliau menghafal kitab muwaththo’ saat berumur 10 tahun dan beliau berfatwa sedangkan beliau masih berumur lima belas tahun. Adapun ibunya beliau dari kobilah Azdi bukan Khursyiyah, akan tetapi orang-orang yang fanatisme mengira bahwasanya beliau dari Khursyiyah akan tetapi yang paling arjakh adalah dari Kobilah Azdiyah.
Proses dalam Menuntut Ilmu
Keberadaan Imam Malik sebagai ahli hadist terkemuka Madinah telah mengundang Syafi’i untuk turut berguru. Maka dihafalkannya kitab sang guru al-muwaththa’ dalam Sembilan hari, sebelum berangkat ke kota Madinah. Melihat sosok Syafi’i, sang guru pun berpesan,”bertakwalah kepada Allah, jauhi maksiat. Semoga engkau menjadi orang penting, suatu nanti.”benarlah firasat sang guru, setelah menimba ilmu dari Imam Malik hingga wafatnya, Syafi’i pun berangkat ke Yaman untuk bekerja sebagai pegawai gubernur yang terkenal dengan keloyalitasannya dan kejujurannya.
Tak lama disana, Syafi’i menuju Iraq untuk belajar dari Imam Abu Hanifah, hingga terkumpul dua fiqih terkemuka di dirinya. Beliau juga orang pertama yang menunjukkan dirosah fiqhiyah ke sudut pandang ilmiyah dan beliau juga orang pertama yang mengarang ilmu-ilmu diniyah islamiyah yang bermanhaj salaf dengan karangannya di usulul fiqih.
Lalu Imam Syafi’i mengajar di masjidil haram, selang sepuluh tahun, Imam Syafi’i pun kembali ke Baghdad sebagai Imam besar dan mujtahid mutlak. Di sanalah Imam Syafi’i menjadi guru Imam Ahmad bin Hanbal. Hanya dua tahun di Iraq Imam pun menuju mesir untuk mengajarkan ilmu-ilmu islam dan sunah di sana.
Syeikh - Syeikhnya
Imam syafi’i menuntut ilmu di tempat yang bermacam-macam. Beliau belajar dari Syeikhnya di Mekkah, Syeikhnya di Madinah, Syeikhnya di Yaman, dan Syeikhnya di Irak. Dan berikut sebagian dari nama-nama Syeikhnya adalah: dari Mekkah (Sufyan bin Uyainah, Muslim bin Kholid Al-Zunji, Said bin Salim Al-Kodahi, Dawud bin Abdurrahman Al-Attor, Abdul Hamid bin Abdul Aziz bin Abi Rawad), dari Madinah (Malik bin Anas, Ibrohim bin Sakdi Al-Ansori, Abdul aziz bin Muhammad Ad-Darawaradi, Ibrohim bin Abi Yahya Al-Usami, Muhammad bin Abi Said bin Abi Fudaik, Abdullah bin Nafik As-Soiq, Sohib bin Abi Dzuaib) dari Yaman (Matrof bin Mazin, Hisam bin Yusuf Kodhi Sun ai, Umar bin Abi Salmah Sohibu Al-Awzai, Yahya bin Hasan), dari Irak (Wakik bin Jarrakh, Abu Usamah al-Kaufiyani, Ismail bin Ulaiyah dan Abdul Wahab bin Abdi al- Majid al-Busrian)
Wafatnya
Dari Robik bin Sulaymanilmuadzin berkata: beliau wafat pada hari kamis malam, dan beliau berumur lima puluh lima tahun di akir bulan rojab pada tahun 204H.
Diambil dari kitab Al-Iklam Al-Fukaha’ wa Al-Mukaddisin oleh Muhammad bin Idris bin Abbas Al-Kurasyi Al-Matlibi As-Salafi Al-Makki dan buku Wasiat dan Prinsip Imam Syafi’i Tentang Taklid Buta dan Fanatisme Madzhab oleh Ustad Abdul Hakim bin Amir Abdat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar