Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Singkat Ibnu Hibban


Nama dan nasab beliau
Al-imam al-alamah al-Mujawid, Syaikh Khurosan, Abu Hatim, Muhamad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban bin Mua'd bin Ma'bad bin Sahid bin Hadayah bin Ibnu Murroh bin Sa'id bin Yazid bin Marroh bin Zaid bin Abdillah At- Tamimi Ad-Daromi. Beliau dilahirkan di Sijistan sekitar tahun 273-277 H.
Guru-guru beliau
Diantara syaikh-syaikh besar yang pernah menjadi guru beliau diantaranya: Abu kholifah al- fadlu bin Hubban al-Jumahiyyu, dan dari Zakaria As-Saji beliau menemuinya di Basroh. Lalu beliau menuju Mesir dan berguru pada Abu Abdurrahman An-Nasai dan Ishaq bin Yunus al- Manjiniqi. Lalu beliau menuju Mausil dan berguru pada seorang alim yang bernama Abu Ya'la Ahmad bin Ali .

Kemudian beliau menuju Jurjan dan berguru pada Umron bin Musa bin Mujasyi As-Sakhotiani, dan dari ulama Baghdad yang bernama Ahmad bin Hasan bin Abu Abdul Jabbar Assufi, dan dari ulama Damaskus bernama Ja'far bin Ahmad dan Muhamad bin Huzaimi, dan di Baitulmakdis beliau belajar pada Abdullah bin Muhamad bin Salmi, dan di kota Ubulah beliau berguru pada Abi Y'ala bin Zuhair, dan di kota Mekah pada Mufadol al-Janadi, dan di Bukhoro pada Umar bin Muhamad bin Bujair. Dan masih banyak ulama-ulama yang menjadi guru-guru beliau.
Pujian-pujian ulama terhadap beliau
Telah diceritakan tentang Ibnu Hibban, dari Abu Abdillah bin Mandah, dan Abu Abdillah al-Hakim dan Mansur bin Abdullah al- Kholidi, dan Abu Mu'adz Abdurraman bin Muhamad bin Rizkillah as-Sijistani, dan Abu Hasan Muhamad bin Ahmad bin Harun az-Zauzani, dan Muhamad bin Ahad bin Mansur an-Nukoti bahwasanya:
Telah berkata Abu Sa'ad al-Idrisi bahwasanya beliau adalah orang yang sangat faham tentang agama, bliau juga orang yang sangat hafal tentang atsar, dan ahli dalam ilmu kedokteran, juga ilmu tentang perbintangan dan ilmu-ilmu yang lainnya. Beliau telah mengarang musnad yang sohih yaitu kitab (Al-Anwa waltakosim) dan kitab (At-Tarikh) dan kitab (Ad-Dua'fa) dan beliau adalah orang yang paling alim di zamannya.
Telah berkata Al-Hakim bahwasanya Ibnu Hibban merupakn rujukan dalam ilmu fiqih, ilmu bahasa, dan ilmu hadist juga beliau merupakan seorang Alim di zamannya. Beliau datang ke Naisaburo pada tahun 330 H kemudian berjalan menuju kota Kodonasa, maka beliau tanggal bersama kami di Nasaburo selama 7 tahun yang tiada lain hanya untuk dibacakan kepadanya sejumlah kitab karangannya, kemudian beliau kembali ke negaranya Sijistan pada tahun 340 H.
Karya-karya beliau
Telah berkata al- Khotib dan Masu'd bin Nasir as-Sijziyu bahwasaya Ibnu Hibban telah melahirkan karya-karya yang agung diantaranya:
  1. Tarikh as-tsikot 8. Goroibu al-Quffiyyin
  2. Al-Anwa waltakosim 9. Alfaslu wal waslu
  3. Anwau'l ulum wa ausofiha 10. Maukuf mrf'u
  4. I'lal hadits malik 11. Manakib asy-Syafi'i
  5. Qobulul akhbar 12. Manakib Malik
  6. Ma infaroda bihi ahli khurosan 13. Mu'jam alal madani
  7. Goroibi al-khbar 14. Al Abwab al-Mufarikotuh
Itulah karya- karya beliaut yang agung, belau t wafat di Sijistan di kota Busta pada bulan Syawal pada tahun 354 H. pada usia kurang lebih delapan puluh taunan.
( Dinukil dari ktab Siaru a'lamu nubala karya Al-Imam Syamsudin bin Ahmad bin Ustman Addahabi jilid 16 cetakan 11 hal 93-102 penerbit Maktabah Muasasah ar-Risalah Beirut/ Libanon.)


Penulis : Nama : Syamsi Palahudin (2008120020035)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar