Jumat, 30 Maret 2012

Biografi Imam Abu Hanifah


Nasab Beliau dan Kelahirannya
Imam Abu Hanifah adalah An-Nu’man bin Tsabit At-Taimi al-kufiy, dia merupakan seorang yang faqih di negara Irak, salah satu imam kaum muslimin, pemimpin orang-orang alim, salah satu seorang yang mulia dari kalangan ulama, dan salah satu imam dari empat imam yang memiliki madzhab, dikarnakan dia menjumpai pada masa hidup para sahabat, dan dia juga menjumpai sahabat Anas bin Malik, dan juga dari sahabat yang lainnya.
Imam Abu Hanifah adalah seorang penjual baju, dan beliau juga menjual sutra asli atau yang bercampur dengan kain wol. Dan pada zaman dahulu nabi Idris adalah orang pertama yang menjahit baju. Dan juga Abu Bakr As-Shiddiq adalah seorang pedagang kain, dan kebanyakan dari para sahabat yang bangsawan adalah seorang pedagang.
Imam Abu Hanifah lahir di Kufah pada tahun 80 Hijriah, dan ini adalah riwayat yang disepakati oleh kebayakan para sejarahwan. Ayah beliau bernama Tsabit bin Zauti Al-Farisi.
Pertumbuhan atau Perkembangan Kehidupan Beliau
Beliau dibesarkan dan diasuh di Kufah, pada masa hidupnya beliau tinggal di Kufah. Dia adalah seorang pelajar dan pengajar. Dan dia adalah seorang pedagang, dia seorang muslim yang bagus islamnya.
Beliau disibukkan dengan mencari atsar atau hadits dan juga melakukan perjalanan untuk mencari hal itu. Dan beliau ahli dalam bidang fiqih, mempunyai kecermatan dalam berpendapat, dan dalam permasalahan-permasalahan yang samar atau sulit maka kepada beliau akhir penyelesaiannya.
Riwayat Singkat Tentang Pujian Para Ulama Kepada Beliau
Yahya bin Ma’in berkata: dia adalah orang yang dapat dipercaya, dan dia dari golongan orang-orang yang jujur dan tidak pernah tertuduh dengan pembohong. Dan pada waktu itu beliau pernah dipukul oleh Ibnu Hubairoh, karena Abu Hanifah menolak untuk dijadikan hakim. Yahya bin Sa’id pernah memilih perkataan beliau dalam fatwanya, maka Yahya berkata: kami tidak berdusta kepada Allah! Kami telah mendengar alangkah bagusnya pendapat Abu Hanifah, dan perkataannya bnayak kami ambil.
Abdullah bin Al-Mubarak berkata: jika Allah tidak menolongku dangan bantuan Abu Hanifah dan Sufyan Ats-Tsauri maka aku akan menjadi seperti seluruh manusia pada umumnya. Sufyan Ats-Tsauri dan Ibnul Mubarak berkata: Abu Hanifah adalah salah satu penduduk bumi yang terpandai pada zamannya. Dan Abu Nu’aim berkata: dia adalah seorang yang mendalami dalam masalah-masalah ilmu fiqh. Makki bin Ibrohim berkata: dia orang yang berilmu di muka bumi ini.
Al-Khatib meriwayatkan dengan sanadnya, dari Asad bin Amr, bahwasannya Abu Hanifah di setiap malamnya sedang melaksanakan sholat malam dan dia membaca Al-Qur’an dan beliau pun menangis, sehingga para tetangganya menyanyanginya. Dan beliau selama empat puluh tahun melaksanakan sholat shubuh dengan mentetapi air wudhu yang pada waktu sholat ‘Isya.
Wafatnya Beliau
Pada zaman kerajaan Bani Abbasiyah tepatnya pada masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Manshur yaitu raja yang ke-2, Abu Hanifah dipanggil kehadapannya untuk diminta menjadi qodhi (hakim), akan tetapi beliau menolak permintaan raja tersebut – karena Abu Hanifah hendak menjahui harta dan kedudukan dari sulthan (raja) – maka dia ditangkap dan dijebloskan kedalam penjara dan wafat dalam penjara.
Dan beliau wafat pada bulan Rajab pada tahun 150 H dengan usia 70 tahun, dan dia dishalatkan di baghdad sampai 6 kali atau kloter dikarnakan banyak orang yang menshalatinya.
(Dinukil dari kitab Al-Bidayah Wan Nihayah jilid 10 karya Ibnu Katsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar